Apresiasi Fajarpaper Peringati HUT RI Ke-78, Ikuti Perlombaan Damkar Tingkat Kabupaten Bekasi

MATAJABAR.COM, KABUPATEN BEKASI – PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka yang merupakan anggota dari SCGP di Indonesia, turut merayakan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) dengan mengikuti lomba Pemadam Kebakaran (Damkar), kegiatan pemeliharaan kelestarian lingkungan hidup, dan melakukan turnamen olahraga untuk karyawan.

Lomba Pemadam Kebakaran antar kawasan industri dan perusahaan se-Kabupaten Bekasi yang diinisiasi oleh Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) Kab. Bekasi pada Selasa (8/8).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut bertajuk ‘1st Bekasi Fire Fighter Challenge Skill Competition 2023, berlangsung di Lapangan Meikarta, Distrik 2, Cikarang Selatan dan dibuka langsung oleh Pj Bupati Bekasi, Dr. H. Dani Ramdan.

Tujuan dari lomba ini salah satunya untuk meningkatkan keterampilan dan ketangkasan pada petugas pemadam kebakaran dalam penanggulangan insiden kebakaran, baik yang berada di kawasan industri maupun di luar kawasan, khususnya di wilayah Kab. Bekasi.

Diikuti oleh 38 peserta dari 27 perusahaan, dari dalam maupun luar kawasan industri. Sedangkan FajarPaper mengirimkan tim Damkar yang beranggotakan 5 (lima) orang karyawan.

Tim Damkar FajarPaper berhasil meraih posisi sebagai juara 2. Piagam penghargaan dan Piala diserahkan langsung pada pada Sabtu (19/8), oleh Pj Bupati, Dr. H. Dani Ramdan dalam acara Malam Resepsi dan Tasyakuran Hari Jadi Kab. Bekasi ke-73.

Pada kesempatan itu juga, FajarPaper mendapatkan Piagam Penghargaan sebagai ‘Perusahaan/Badan Usaha yang Tertib Membayar Retribusi Alat Proteksi Kebakaran 3 (tiga) tahun 2020, 2021, dan 2022’.

Pj Bupati Bekasi Dr. H. Dani Ramdan, MT mengatakan “Perlombaan diinisiasi oleh ide briliannya Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Bekasi. Kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi antar unit-unit pemadam kebakaran baik di perusahan dan relawan, ” ucap Pj. Bupati.

‘Tugas dari pemadam kebakaran itu, lanjut Pj. Bupati memastikan sistem proteksi kebakaran baik di bangunan, gedung, maupun rumah berjalan dan meminimalisir terjadinya kebakaran. Sehingga jika sistem proteksi sudah berjalan, unit pemadam kebakaran pun sudah siap siaga agar tidak merenggut korban jiwa.”tuturnya.

Kegiatan selanjutnya, FajarPaper  berkolaborasi bersama Komunitas River Healing Base (REHAB) Cikarang dalam kegiatan giat bersih sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikarang pada Kamis (10/8).

Kegiatan giat bersih sungai berfokus pada pengangkatan tumbuhan eceng gondok, sampah plastik, serta ranting yang menumpuk dan telah tersedimentasi. Kegiatan ini dilakukan oleh tim Corporate Social Responsibility (CSR) dan PUK SP KEP SPSI PT Fajar Surya Wisesa Tbk yang tergabung dalam tim Environment Social Governance (ESG), bersama dengan anggota REHAB.

Kurniawan selaku Industrial Relations & CSR Manager PT Fajar Surya Wisesa, Tbk (FajarPaper) mengungkapkan “Program giat bersih ini sebagai wujud komitmen FajarPaper dalam pemeliharaan lingkungan hidup.

“Sampah-sampah yang terbawa dari hulu sampai ke tempat ini, sudah menumpuk dan tersedimentasi, serta menimbulkan bau yang tidak sedap.Terlebih di DAS ini terdapat rumah-rumah warga yang hidupnya berdampingan dan memanfaatkan air sungai ini juga,”

“Harapannya dengan kegiatan giat bersih sungai ini, secara bersama-sama kita dapat membuat dan menjaga sungai bersih, terlebih dalam memperingati Kemerdekaan Indonesia.” tandas Kurniawan pada keterangan pers, Senin (21/8/2023)

Selain itu FajarPaper juga menyelenggarakan turnamen olahraga karyawan. Pembukaan turnamen olahraga dihadiri oleh Presiden Direktur, Thalengsak Ratchburi, serta jajaran manajemen FajarPaper pada Selasa (25/7) dan berlokasi di sarana olahraga FajarPaper, yang telah diresmikan pada Agustus 2022.

Dengan demikian, turnamen olahraga FajarPaper 2023 resmi dibuka, dengan cabang olahraga yang ditandingkan adalah tenis meja (tunggal dan ganda), bulutangkis (tunggal dan ganda), futsal, dan cabang yang baru tahun ini diadakan, yaitu catur.

Thalengsak Ratchburi selaku Presiden Direktur PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper) mengatakan “Turnamen ini bukan hanya kompetisi untuk memenangkan pertandingan dan mendapatkan hadiahnya namun juga untuk menjalin hubungan dan kerja sama yang baik antar karyawan, ” ucapnya.

Tujuan tersebut sejalan dengan semangat Kemerdekaan ke-78 RI yaitu kerja harmonis, kolaborasi, serta sinkronisasi gerakan yang merupakan hal penting dalam olahraga, sehingga tim dapat bekerja sama dengan baik menuju satu tujuan. Turnamen olahraga ini berlangsung pada 24 Juli – 23 Agustus 2023.

FajarPaper, yang memiliki 3.000 karyawan dan 30% dari hasil produksinya diekspor ke manca negara, senantiasa berkomitmen untuk mendukung kemajuan Indonesia melalui berbagai kegiatan CSR perusahaan baik dalam bidang ekonomi, kesehatan, infrastruktur, pendidikan, maupun lingkungan. (Ayu/red) )

Pos terkait