Camat Tarumajaya Dan KOLINLAMIL TNI-AL, Siap Bersinergi Sukseskan Tasyakuran Laut Enam Muara Tarumajaya

PJ Bupati Bekasi, Dani Ramdan didampingi Camat Tarumajaya, Dede Mauludin pose bersama Spotmar Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI-AL , Paban Anglanas Letkol Laut (P) Edy Irawan dan Paban Rempuan Letkol (P) Fahrul serta Ketua Pokmaswas Hiu, Agus Arief. Selasa 24/01/23 lalu

MATAJABAR.COM,TARUMAJAYA – Kolaborasi Camat Tarumajaya, Dede Mauludin Bersama Spotmar Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI-AL , Paban Rempuan Letkol (P) Fahrul dan Paban Anglanas  Letkol Laut (P)  Edy Irawan serta kelompok Pokmaswas Hiu siap sukseskan perayaan Syukuran Nelayan Enam Muara dan Kampung Bahari Nusantara.pada hari Minggu, 29/01/23 mendatang

Hal tersebut di tegaskan Camat Tarumajaya usai berkordinasi dengan PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan di Komplek Pemerintah Kabupaten Bekasi pada Selasa, 24/01/23 lalu.

Bacaan Lainnya

“Tentunya kita akan dukung dan optimalkan untuk suksesnya pagelaran syukuran laut sebagai tradisi turun temurun, apalagi ini akan mengangkat budaya kearifan lokal yang memang harus dijaga, dan Alhamdulillah, Insya Allah Bupati Dani Ramdan juga akan hadir” ujarnya saat dikonfirmasi MATAJABAR.COM diruang kerjanya, Kantor Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi, Jum’at 27/01/23.

“Ini juga merupakan bentuk sinergitas Pemkab Bekasi melalui Kecamatan Tarumajaya dengan lintas sektor seperti Kolinlamil, Lantamal, Polairud, PLN Nusantara Power Muara Tawar dan lainnya, untuk persiapan dan perencanaan kegiatan selamatan laut, hari ini sudah matang.” Lanjut Camat Dede sekaligus Ketua Panitia Syukuran Laut Enam Muara Tarumajaya.

“Terkait anggaran, ini murni dari para nelayan dan hasil swadaya para  pihak swasta melalui bantuan Corporate Social Responsbility ( CSR )” pungkasnya.

 

Terpisah, Paban Anglanas Kolinlamil TNI-AL, Letkol Laut (P) Edy Irawan SH, MH selaku penggagas didampingi Paban Rempuan Letkol (P) Fahrul saat dikonfirmasi MATAJABAR.COM menyambut baik dan mendukung penuh perayaan syukuran laut yang merupakan kearifan lokal budaya enam Muara Tarumajaya yang harus dilestarikan.

“Hal ini juga sejalan dengan surat perintah Pangkolinlamil TNI-AL tentang dukungan kepanitiaan dalam menyelenggarakan acara syukuran nelayan enam Muara di desa Segarajaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi, Jawa Barat TA 2023.” Jelas Letkol (P) Edy.

“Alhamdulillah, bersama Camat Tarumajaya kita sudah berkordinasi dengan Bapak Bupati Dani Ramdan, dan beliau juga sangat mendukung dan bahkan siap hadir, beliau juga akan mengundang Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk hadir di acara syukuran laut nanti” ucapnya didampingi anggota Spotmar Kolinlamil Serka Sahlan dan Pokmaswas Hiu di PPI Paljaya.

Diketahui, Salah satu tradisi kearifan lokal budaya yang dilakukan secara turun menurun oleh para nelayan adalah Tradisi Syukuran laut atau Nadran yang umumnya dilakukan sebagai bentuk rasa syukur.

Selain itu, tradisi lainnya adalah ritual pelarungan kepala kerbau sebagai wujud sedekah atau sesaji kepada laut yang diyakini dapat memberikan keselamatan, keberkahan dan melimpahnya hasil tangkapan ikan bagi para nelayan.

Detik detik pelarungan kepala kerbau dalam giat syukuran laut yang dilaksanakan pada 28/1/2022 tahun lalu.

Pantauan MATAJABAR.COM di PPI Paljaya Muara Tawar, sejumlah persiapan dan Kordinasi dengan beberapa pihak tengah dilakukan, diperkirakan 200 perahu nelayan akan dilibatkan, selain itu sejumlah kapal patroli dan perahu karet juga dipastikan akan di kerahkan untuk kemeriahan acara selamatan laut serta pelarungan kepala kerbau.

Adapaun para undangan tercatat beberapa pejabat, diantaranya adalah Gubernur Jawa Barat,  Panglima Kolinlamil  TNI-AL,  Dir Polairud Polda Metro Jaya, Bupati Bekasi, Dandim 0509 dan Kapolres Metro Bekasi.  (Tahar)

Pos terkait