Reaksi Cepat Tim Puskesmas Tarumajaya Tangani Orang Terlantar Penyandang ODGJ

MATAJABAR.COM – Reaksi cepat Tim  Puskesmas Tarumajaya dalam penanganan terhadap Orang Terlantar (OT) Penyandang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terkapar di Depan Gang Masjid Al Ikhlas Kp Tanah Baru Bulak RT 02/RW 10 Desa Pantai Makmur, Kecamatan Tarumajaya berhasil dievakuasi ke RSUD Cibitung Kabupaten Bekasi. Sabtu 13/4/24.

Dari keterengan bidan desa setempat, Lia Mulyasari, keberadaan ODGJ  tersebut ditemukan warga tergeletak lemah dalam keadaan sakit dan memprihatinkan, kemudian melalui Ketua RW 10, Rundi melaporkan ke Puskesmas Tarumajaya.

Bacaan Lainnya

“Setelah mendapat laporan warga, selanjutnya tim Puskesmas Tarumajaya bergerak cepat ke lokasi tempat ODGJ ditemukan, lalu mengambil tindakan medis dan mengevakuasi pasien tersebut ke RSUD Cibitung Kabupaten Bekasi.”jelas Lia

Selanjutnya, dr. Ani Yustiani petugas Program Jiwa Puskesmas Tarumajaya saat dikonfirmasi MATAJABAR.COM membenarkan adanya penyandang ODGJ terlantar yang terkapar dalam keadaan tak sadarkan diri

“Saat di TKP, kami melihat dalam keadaan tergeletak di tanah beralaskan tikar Baliho, keadaannya sangat memprihatinkan, mulutnya ternganga dengan air liur keluar dan tubuhnya tercium aroma pesing, butuh waktu membuatnya terbangun,” ujar dr Ani menjelaskan kronologinya.

Kemudian kata dia,  bersama bidan desa dan dibantu analis PKM Tarumajaya, Supangat dan Ketua RW 02 serta Linmas, orang terlantar penyandang ODGJ tersebut dibersihkan lalu diberi pakaian yang layak dan bersih kemudian diberi tindakan medis.

“Hasil pemeriksaan tanda-tanda vital : Somnolen, tidak kooperatif, TD 120/80 nadi 85x/menit lalu dilakukan rujukan ke RSUD Cibitung Kabupaten Bekasi diantar ambulans Puskesmas Tarumajaya.”jelas dr Ani.

dr Ani juga menambahkan bahwa Puskesmas Tarumajaya mempunyai Tim Reaksi Cepat bernama GEMAR KETAWA  yang artinya Gerakan Masyarakat Sadar Kesehatan Jiwa.

Nada yang yang sama di ucapkan Kepala Puskesmas Tarumajaya dr. Salim Jindan yang turun langsung ke lokasi tempat ditemukannya orang terlantar penyandang ODGJ.

“Alhamdulillah, penangan pasien ODGJ yang tidak diketahui identitasnya berjalan lancar, saya juga memberikan apresiasi kepada masyarakat disini yang turut peduli dan melaporkannya kepihak Puskesmas Tarumajaya sehingga orang tersebut bisa kita evakuasi ke RSUD” ujar dr. Salim

“Kami juga telah ber koordinasi dengan Dinas Sosial , Dinas Kesehatan dan pihak RSUD.” Pungkasnya. (Tahar)

Pos terkait