Memasuki Masa Tenang Pemilu 2024 Panwaslu Tarumajaya Tertibkan Alat Peraga Kampanye

MATAJAJABAR.COM,TARUMAJAYA – Berakhirnya tahapan masa kampanye dan masuknya masa tenang dalam rangka tertib pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melalui Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu) Kecamatan Tarumajaya mengimbau kepada Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu tidak melakukan aktivitas kampanye di masa tenang dan membersihkan Alat Peraga Kampanye

Hal tersebut disampaikan Ketua Panwascam Tarumajaya, H. Mas’ud berdasarkan surat imbauan Bawaslu Kabupaten Bekasi nomor 77/PM.00.02/K.JB-03/2/2024. Minggu, 11/2/224.

Bacaan Lainnya

Kata dia, masa tenang pemilu adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu, untuk itu semua peserta pemilu, tim kampanye pemilu atau pelaksana kampanye pemilu dilarang melakukan aktivitas kampanye.

Dalam surat imbauan tersebut, tersirat bahwa pelaksana, peserta dan  tim kampanye dilarang menjanjikan dan memberikan imbalan uang atau materi kepada peserta kampanye dan pemilih

Setiap pelaksana, peserta atau tim kampanye yang secara langsung atau tidak menjajikan dan memberikan imbalan uang atau materi kepada pemilih di masa tenang ancaman pidana penjara 4 tahun dan denda paling banyak Rp. 48.000.000

Pada saat hari pemungutan suara, bila kedapatan dan terbukti memberikan imbalan atau materi, ancaman pidananya 3 tahun penjara dan denda paling banyak 36.000.000.”Jelas H. Mas’ud saat dikonfirmasi MATAJABAR.COM ditahapan akhir masa penertiban APK pada Selasa, 13/2/24.

Selain itu merujuk ketentuan tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu, Minggu 11 -13 Februari semua peserta pemilu diharapkan untuk membersihkan atau menurunkan alat peraga dan kampanye pemilu yang berada di tempat-tempat umum.

Terkait dengan alat peraga kampanye terpasang yang belum di tertibkan oleh peserta partai politik, maka terhitung tanggal 10/02/24 pukul 23:59 kewenangannya ada Satpol PP Kabupaten dan Kecamatan.

Selain itu, turut terlihat aparat kepolisian dari sektor Tarumajaya dan Personil Koramil 02/Tarumajaya turut mendampingi dalam penertiban tersebut. (Tahar)

Pos terkait