Melalui Dinas Pertanian, Kementan Salurkan Benih Padi Untuk Gapoktan Terdampak Banjir Di Wilayah Kecamatan Cabang Bungin

Kepala Desa Jayabakti, Akim beserta gabungan kelompok tani desa Jayabakti

MATAJABAR.COM, CABANG BUNGIN   Melalui Dinas Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan Benih padi kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Kelompok Tani (Poktan) yang tergabung dalam naungan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir pada bulan Februari yang lalu khusus di wilayah Kecamatan Cabang Bungin, pada Rabu (12/4/2023) pagi.

Menurut H.Eka Kusuma selaku Koordinator Penyuluh dari Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) tingkat Kecamatan Cabang Bungin mengatakan, ” Terdata pada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di wilayah Kecamatan Cabang Bungin kurang lebih 3.700 petani yang tergabung di Gapoktan/Poktan. Dengan Luas lahan yang terdampak banjir mencapai 2.235 ha sawah,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

” Sementara itu total bantuan benih yang akan kami terima secara keseluruhan mencapai 58 ton.  Dan akan kami alokasikan secara bertahap kepada 101 kelompok tani yang ada di Kecamatan Cabang Bungin,” sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan H. Eka bahwa Dinas Pertanian terkendala dengan distributor pengadaan bibit yang menyuplai ke wilayah Cabang Bungin.

” Tapi alhamdulilah hari ini kami bisa menyerahkan sebanyak 9 ton bantuan bibit padi kepada kelompok tani di dua desa. Diantaranya Desa Sindangjaya sebanyak 1.375 kg (total bantuan sebanyak 5.575 kg untuk lahan sawah seluas 223 Ha) , dan untuk kelompok tani Desa Jayabakti sebanyak 7.625 kg untuk luas sawah 305 ha.” Paparnya.

” Selanjutnya kelompok tani di masing-masing desa yang akan menyalurkan kepada para petani yang sudah terdata dan sudah menjadi anggota kelompok tani,” ucapnya.

Adapun, Azhari perwakilan dari Direktorat Pembenihan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menyampaikan,” ada program penyaluran benih, dan saat ini kita mengirim bantuan terkait kriteria lokasi banjir di Kabupaten Bekasi beberapa waktu yang lalu.Saat ini kita sedang proses penyaluran bantuan kepada kelompok tani di Kecamatan Cabang Bungin, “

Lebih jauh Azhari menjelaskan, “Ada sekitar 10.490 H yang terdiri dari 14 kecamatan. Minggu lalu kami sudah melakukan penyerahan bibit di Kecamatan Sukakarya, dan hari ini kami akan menyerahkan bibit secara simbolis kepada kelompok tani, selanjutnya mereka yang akan menyerahkan langsung kepada petaninya,” ujarnya.

Kepala Desa Jayabakti Akim menyampaikan, ” Saya atas nama warga Desa Jayabakti mengucapkan,’ terimakasih kepada Kementan dan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi serta Balai  Penyuluhan Pertanian Kecamatan Cabang Bungin yang sudah menyalurkan bibit kepada warga desa Jayabakti hari ini, “

“Mudah mudahan benih yang kami terima bisa bermanfaat untuk masyarakat desa Jayabakti,”

” Harapan kami dengan datangnya bibit ini mudah mudahan membawa berkah untuk masyarakat desa Jayabakti, ” tutur Akim.

Selaras, Ketua Gapoktan Desa Jayabakti Daman menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak-pihak terkait yang telah terlibat dalam penyaluran benih padi kepada para kelompok tani di desanya.

Dirinya berharap agar kelompok tani di wilayah Cabang Bungin khususnya dan di wilayah Kabupaten Bekasi pada umumnya, kedepannya akan lebih maju lagi.

Kades Sindang Jaya, Kecamatan Cabangbungin,, Ruslan Abdul Gani beserta ketua Gapoktan Desa Sindangjaya dan jajaran kelompok tani

Apresiasi serupa turut disampaikan oleh Kepala Desa Sindangjaya, Ruslan Abdul Gani. beserta jajaran Poktan/Gapoktan terkait bantuan benih padi yang juga diterima oleh para kelompok tani di Desa Sindangjaya.

Total bantuan yang disalurkan untuk kelompok tani Desa Sindangjaya sebanyak 5.575 kg benih padi untuk luas sawah 223 Ha. Namun pada penyaluran di Hari Rabu ini baru sebanyak 1.375 kg. Sisanya akan disalurkan esok hari.

” Alhamdulillah sebanyak 1.375 kg benih padi hari ini tersalurkan ke kelompok tani Desa Sindangjaya. Semoga bantuan ini membawa manfaat untuk para petani, ” katanya.

Terpisah, Ketua KTNA Kabupaten Bekasi H.Darissalam mengatakan, ” Kami pengurus KTNA, yang menaungi Gapoktan dan Poktan. Dan kami pula yang menjaring petani untuk bisa tergabung dalam kelompok tani agar mereka bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa benih. Namun selama ini kami tidak pernah dilibatkan  ketika ada pendistribusian bantuan benih dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, ”

Masih kata H.Darissalam, Alhamdulillah hari ini petani sudah mendapatkan bantuan benih meskipun secara bertahap. Dikarenakan teknis dari penyedia benih yang masih belum maksimal dalam pendistribusiannya,”

“Kedepannya agar Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi tatkala ada program bantuan untuk petani agar dapat melibatkan kami dari KTNA  secara menyeluruh. Karena kami yang selalu berinteraksi dengan para petani,” pungkas H. Darissalam. (Ayu)

Pos terkait